Penanaman Padi


Bibit padi yang akan kita tanam harus sudah berumur 25 hingga 40 hari )bergantung jenis padi), telah memiliki 5 hingga 7 helai daun, berbatang besar dan kuat dengan tinggi sekitar 25 cm dan terbebas dari hama dan penyakit.

Untuk memudahkan pengambilan/ pencabutan bibit, sebaiknya pesemaian kita genangi air 2 hingga 3 hari sebelumnya sehingga tanah menjadi lebih lunak. Pada saat pencabutan, usahakan batang tidak sampai terputus. Lakukan pencabutan dengan cara menyatukan 5 hingga 10 batang bibit dalam pegangan kita dan ditarik ke mengarah badan kita. Selanjutnya bibit yang telah dicabut kita ikat dalam satu ikatan besar untuk memudahkan pengangkutan. Harus diperhatikan, bibit yang dicabut harus segera kita tanam jangan sampai bermalam.

Bibit ditanam dalam larikan dengan jarak tanam 20 x 20 cm, 25 x 25 cm, 22 x 22 cm atau 30 x 20 cm tergantung pada varitas padi, kesuburan tanah dan musim. Hal ini juga untuk memudahkan penyiangan, pemupukan dan memungkinkan setiap tanaman memperoleh sinar matahari yang cukup dan zat-zat makanan secara merata. Penanaman dilakukan dengan berjalan mundur, tangan kiri memegang bibit sementara tangan kanan menanam. 2 hingga 3 batang bibit ditanam pada satu lubang dengan kedalamam 3 hingga 4 cm dengan posisi tegak lurus.

Hindari penanaman yang terlalu dalam atau pun terlalu dangkal. Penanaman bibit yang terlalu dalam akan menghambat tumbuhnya akar dan akan menghasilkan jumlah anakan yang sedikit. Demikian pun jika terlalu dangkal, ia akan menjadi mudah rebah dan hanyut dalam air sehingga menjadi rusak.

Populer