Pengairan, Penyulaman dan Penyiangan


  • Pengairan

Air sungai merupakan salah satu sumber pengairan sawah paling baik karena ia banyak mengandung lumpur dan kotoran yang sangat berguna bagi kesuburan tanah dan tanaman. Usahakan air terlebih dahulu melalui saluran sekunder sebelum masuk ke petakan sawah. Lubang pembuangan kita buat untuk mengatur tingkat genangan air yang diinginkan. Ia dibuat jangan sampai sejajar / lurus dengan lubang masuk air untuk menjaga terjadinya pengendapan lumpur dan kotoran yang sangat bermanfaat
Selanjutnya kedalaman air harus diatur sesuai usia tanaman. Selepas penanaman hingga usia 8 hari, kedalaman air cukup 5 cm, dan ditambah hingga 10 sampai 20 cm pa usia 8 hingga 45 hari. Ketika tanaman mulai membentuk bulir dan menguning, kedalaman air kita tambah hingga 25 cm. Selanjutnya dikurangi sedikit demi sedikit hingga kita keringkan sama sekali pada 10 hari menjelang kita panen.

  • Penyulaman dan Penyiangan
Penyulaman adalah penggantian tanaman padi yang mati sesegera mungkin dengan bibit baru. Dilakukan tidak melewati 10 hari selepas penanaman. Sementara penyiangan adalah kegiatan untuk menyingkirkan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Dilakukan setidaknya 2 kali yaitu pada usia tanaman 3 minggu dan 6 minggu.

Populer